Breaking News

Rasa Marah Juga Bisa Memberikan Manfaat Ini


“Jangan marah, kelak cepat tua….” Anda mungkin seringkali dengar pernyataan semacam itu. Sebetulnya, pernyataan ini diperlihatkan supaya satu orang tidak terpancing, tersinggung, serta marah. Tidak hanya dapat mengakibatkan kerusakan jalinan, kemarahan didapati bikin rugi kesehatan badan. Tetapi, marah tidak selamanya ke arah pada hal jelek. Ada faedah yang dapat Anda temukan saat marah-marah. 

Tetapi, marah memberi faedah untuk kesehatan 

Walau efek negatifnya lumayan banyak, memendam amarah bukan jalan keluar yang baik. Masalahnya marah adalah sisi dari emosi diri yang perlu diutarakan. Akan tetapi, Anda harus tetap dapat mengatur diri, menentramkan diri, serta merubah kemarahan itu jadi hal yang lebih produktif. 

Satu artikel yang diedarkan pada tahun 2003 di situs American Psychological Association, meringkas efek positif dari marah-marah. 

Geram yang dilampiaskan lewat cara bernilai alis membuat nyatanya condong dapat menolong satu orang temukan jalan keluar waktu hadapi permasalah jalinan dengan pasangan, hubungan kerja, atau politik. 

Tersebut keterangan mengapa marah memberi faedah pada kehidupan satu orang, diantaranya: 

1. Perasaan marah membuat Anda jadi lebih tegas 

Ya, faedah dari marah yang satu ini dapat Anda temukan bila dipakai pada kondisi yang pas. 

Hadapi suatu yang tidak Anda gemari tentu membuat bad mood. Contohnya, pasangan yang seringkali menyimpan barang asal-asalan hingga membuat rumah jadi amburadul. 

Anda telah memperingatkannya berulang-kali dengan lembut untuk jaga hatinya. Tetapi, kesukaannya tidak segera beralih. Anda juga jadi harus memperingatkannya berkali-kali. Jika ini terus, Anda pasti jadi benar-benar jengkel, kan? 

“Jika telah semacam ini, filter ‘untuk memberitahu dengan baik-baik’ rasa-rasanya butuh dihapus”, jelas Ken Yeager, PhD, seseorang dosen pengajar materi depresi, trauma, serta pengaturan diri di Ohio State University pada situs Men’s Health. 

Terdapatnya kemarahan dapat membuat Anda meniadakan filter itu. Dengan marah, Anda dapat memberitahu pasangan tentang kemauan Anda lebih jelas serta tegas. 

2. Marah membuat Anda bernegosiasi 

Selanjutnya, faedah mengagetkan lain dari marah ialah menolong bernegoisasi dalam pecahkan permasalahan. 

Studi yang dikerjakan Rice University tahun 2017 tunjukkan jika mengekspresikan kemarahan membuat satu orang mengungkapkan kemauannya lebih jujur, membuat faksi lain dengarkan lebih baik, serta lebih terbuka dengan aduan keduanya. 

Dengan demikian, persetujuan dari kedua pihak akan tersambung serta permasalahan bisa dituntaskan. 

Faedah marah ini condong Anda temukan bila masih disertai dengan kendalikan diri. Berarti, Anda cuma jadikan amarah itu jadi pemantik dalam menyempaikan kemauan, bukan melampiaskannya dengan intimidasi atau kekerasan. 

3. Marah dapat berikan motivasi Anda 

Rasa marah ada sebab beberapa unsur. Misalnya, sebab menganggap disepelekan, tidak dilihat, ataukah tidak diperlakukan dengan tidak adil. Terdapatnya rasa marah ini dapat menggerakkan satu orang untuk lakukan satu pergantian. 

Saat satu orang meluapkan rasa marahnya, muncul kemauan untuk mengatur suatu. Perasaan seperti itu yang dapat berikan motivasi satu orang untuk lakukan atau memperoleh pergantian. 

Contohnya, rasa marah sebab disepelekan orang seputar akan membuat Anda “balas dendam” dengan kerja keras supaya lebih sukses dari mereka. 

Tetapi, kembali lagi butuh diingatkan jika faedah marah ini cuma didapat bila masih juga dalam batasannya. Tidak semua permasalahan harus ditemui dengan marah-marah. Ditambah lagi bila sampai memunculkan sikap agresif, terlalu berlebih, serta mengakibatkan kerusakan.

Tidak ada komentar