Breaking News

Pertimbangan sebelum ganti alat kontrasepsi


Jangan langsung ganti perangkat kontrasepsi sembarangan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Sebaiknya, ceritakan dahulu empiris Anda tentang alat kontrasepsi yang sedang digunakan saat ini. Kemudian ucapkan juga dalil mengapa Anda hendak menggantinya.

Nah, dari informasi yang Anda ucapkan itu, dokter akan menolong memilihkan cara KB yang tepat. Berikut ini pun ada sejumlah hal urgen yang butuh dijadikan pertimbangan saat berkeinginan ganti perangkat kontrasepsi, yaitu:

1. Kebiasaan merokok

Jika kita memiliki kelaziman merokok dan berusia di atas 35 tahun, hati-hati sebelum ganti perangkat kontrasepsi. Pasalnya, sejumlah alat kontrasepsi laksana pil kombinasi, patch, dan cincin vagina barangkali bukan opsi yang tepat. Ini karena barisan alat kontrasepsi itu tidak dapat bekerja dengan efektif bareng zat yang terdapat dalam rokok.

2. Berat badan

Hal beda yang butuh dipertimbangkan lainnya sebelum ganti perangkat kontrasepsi yakni berat badan Anda ketika ini. Pilihlah perangkat kontrasepsi yang mempunyai peluang terkecil untuk mendongkrak berat badan andai Anda telah masuk kelompok obesitas. Dilansir dari laman NHS, KB suntik seringkali mempunyai peluang eskalasi berat badan yang lebih kecil.

3. Obat yang sedang diminum

Obat-obatan tertentu dapat memengaruhi kemanjuran perangkat kontrasepsi, khususnya pil KB. Bagi itu, untuk Anda yang mempunyai masalah kesehatan tertentu dan sedang minum obat secara teratur konsultasikan dulu ke dokter sebelum ganti KB. Sementara IUD, KB suntik, dan kondom tergolong pilihan perangkat kontrasepsi yang tidak akan dominan terhadap obat yang sedang diminum.

4. Masalah kesehatan yang dimiliki

Beberapa perangkat kontrasepsi bekerja dengan memakai hormon yang serupa dengan yang diproduksi tubuh. Hormon ini yakni estrogen dan progesteron. Namun, kontrasepsi yang berisi hormon tidak sesuai untuk beberapa wanita, contohnya seperti mereka yang mempunyai kanker payudara. Oleh sebab itu, urgen untuk berkonsultasi ke dokter ketika berencana ganti perangkat kontrasepsi.

5. Keinginan guna segera hamil kembali

Sebenarnya, seluruh alat kontrasepsi dapat langsung dihentikan ketika Anda berencana guna mempunyai bayi lagi. Namun, pil KB kombinasi, cincin vagina, dan suntik seringkali membutuhkan masa-masa hingga sejumlah bulan untuk membalikkan kesuburan Anda. Oleh sebab itu, andai Anda berencana ganti perangkat kontrasepsi dengan yang dapat membuat Anda pulang subur dengan segera pilihlah perangkat kontrasepsi laksana IUD, pil progestin, dan kondom.

Tidak ada komentar