Breaking News

Bentuk payudara apa yang mengisyaratkan permasalahan?


Di baliknya beberapa bentuk payudara yang normal serta sehat, tentu saja ada banyak sinyal yang tidak bisa diremehkan. Jadi itu, cermati saat bentuk serta ukuran payudara beralih tidak diduga tidak seperti umumnya, serta tunjukkan beberapa rumor di bawah ini: 

1. Mempunyai tonjolan 

Tonjolan di payudara tidak selamanya bermakna kanker. Payudara Anda dapat berasa lebih padat serta dikit menonjol di ruang tersendiri terutamanya tiap-tiap mendekati serta saat menstruasi, kehamilan serta menyusui, atau saat masuk waktu menopause. Umumnya pergantian ini akan kembali seperti sebelumnya sesudah Anda melalui saat-saat itu. 

Anda pun mungkin lihat tonjolan di seputar puting susu Anda, yang diketahui menjadi kelenjar Montgomery. Ini juga betul-betul normal. 

Tetapi lihat saat tonjolan payudara muncul tidak diduga (awal mulanya belum pernah ada), malah berkembang makin jadi membesar serta mengeras, dan tidak kunjung hilang dalam tempo lama. Cermati pun bila kulit payudara memerah serta berasa sakit Ini mungkin mengisyaratkan tonjolan ciri kanker payudara. 

Jadi itu, wanita disarankan untuk teratur lakukan kontrol payudara sendiri (SADARI). Maksudnya supaya kelainan pada bentuk, ukuran, dan struktur payudara dapat selekasnya dideteksi serta diatasi sedini mungkin. Janganlah lupa pun selekasnya kontrol ke dokter untuk memperoleh diagnosis serta perlakuan yang pas. 

2. Struktur kulit jeruk 

Struktur kulit payudara yang normal serta sehat harusnya sama dengan kulit dibagian yang lain. Sebagian orang mungkin miliki guratan halus pada payudaranya sebab stretch mark atau peregangan kulit saat alami bertambahnya berat tubuh atay tengah hamil. Ini terhitung normal. 

Lainnya narasi bila Anda lihat lekukan pada kulit tidak rata yang serupa dengan struktur kulit jeruk. Ini mungkin adalah tanda-tanda kanker payudara peradangan. Tidak semua payudara yang memiliki tekstur kulit jeruk tentu sinyal kanker payudara, sebab pada umumnya masalah ini mungkin dikarenakan oleh selulit. 

Walau demikian, siaga bila dibarengi dengan beberapa gejala tersebut:
  • pembengkakan serta kemerahan yang bisa menutupi sepertiga atau lebih payudara Anda 
  • tampilan kulit yang merah muda, kemerahan, ungu, atau memar 
  • penambahan ukuran payudara yang cepat 
  • sensasi berat, terbakar, sakit, atau ngilu di payudara 
  • puting yang tidak diduga ringsek masuk ke 
  • pembengkakan kelenjar getah bening dibawah lengan, dekat tulang selangka, atau kedua-duanya 

Struktur kulit jeruk pada payudara dapat juga dikarenakan oleh infeksi tersendiri, limfedema, serta resikonya dari therapy atau operasi untuk penyakit ganas. 

3. Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak 

Kelenjar getah bening ialah beberapa kumpulan jaringan skema kebal badan, yang bekerja untuk menyaring cairan dan tangkap beberapa sel yang punya potensi membahayakan kesehatan. Contohnya bakteri, virus, ataupun sel kanker. 

Saat payudara mempunyai sel kanker yang punya potensi berkembang jadi kanker, sel itu akan berjalan ke arah kelenjar getah bening yang berada di ketiak. Setelah itu, nampaklah pembengkakan dibagian ini sampai mengarah payudara. 

Lihat bila muncul tonjolan yang tidak biasa di seputar ruang payudara sampai ke ketiak Anda. Janganlah menunda untuk memeriksakan ke dokter agar diatasi secepat-cepatnya. 

Normalkah bila bentuk payudara beralih bersamaan menambahnya umur?Tidak hanya beralih selama saat menstruasi serta kehamilan, bentuk payudara umumnya akan beralih bersamaan pergantian umur. Buat wanita yang telah menopause, payudara umumnya akan terlihat lebih kendur, kecil, bahkan juga beralih berubah bentuk daripada awal mulanya. 

Semua situasi itu termasuk juga normal, serta adalah sisi dari pergantian hormon di badan. Menyusut hormon estrogen bersamaan menambahnya umur, akan mengakibatkan kulit serta jaringan ikat payudara jadi kurang elastis atau kencang. 

Pada akhirnya, payudara akan terlihat kendur serta seakan “melorot” ke bawah. Tetapi kembali lagi, bila pergantian itu tampil di luar waktu menstruasi, kehamilan, serta menopause, siaga terdapatnya permasalahan yang butuh dilakukan tindakan selekasnya oleh dokter.

Tidak ada komentar